Ukraine Experimental Drone Attack on Russian Bridge

Ukraine

Badan keamanan Ukraina telah meluncurkan rekaman eksklusif kepada CNN , yang menunjukkan momen penting pada bulan Juli ketika mereka menggunakan drone laut eksperimental untuk menargetkan jembatan Rusia untuk mencaplok Krimea. Rekaman ini tidak hanya memberikan wawasan baru mengenai serangan tersebut tetapi juga berfungsi sebagai peringatan akan terjadinya serangan serupa.

Klaim yang Berani dan Operasi yang Berani

Menandai pertama kalinya Dinas Keamanan Ukraina (SBU) secara terbuka mengambil tanggung jawab atas operasi tersebut, serangan tersebut terjadi pada tanggal 17 Juli, yang mengakibatkan kerusakan pada jalur jalan jembatan dan, menurut pihak berwenang Rusia, hilangnya dua nyawa warga sipil. Insiden ini menyoroti tantangan dalam menjaga satu-satunya hubungan independen Rusia dengan semenanjung tersebut.

Pentingnya Jembatan Aneksasi

Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan jembatan tersebut pada tahun 2018, melambangkan ambisinya untuk memasukkan Ukraina ke dalam wilayah Rusia. Selain kepentingan simbolisnya, jembatan ini juga berfungsi sebagai jalur pasokan penting bagi upaya militer Rusia di Krimea.

Peran Drone “Bayi Laut”.

Kepala SBU, Vasyl Maliuk, mengungkapkan kepada CNN bahwa drone yang digunakan, diberi nama “Sea Baby”, adalah hasil pengembangan selama berbulan-bulan pasca invasi. Maliuk menekankan keunikan drone permukaan laut ini, menegaskan bahwa drone tersebut merupakan produk kecerdikan SBU, tanpa keterlibatan pihak swasta. Drone ini berperan penting dalam keberhasilan serangan di jembatan Krimea, kapal serbu Olengorskiy Gornyak, dan kapal tanker minyak SIG.

Memperluas Jangkauan dan Dampak

Serangan terhadap kapal serbu Rusia menunjukkan jangkauan yang luas bagi militer Ukraina, menyerang sebuah kapal dengan kemungkinan kekuatan awak di Novorossisk, pelabuhan angkatan laut Laut Hitam Rusia. Serangan yang berhasil difasilitasi oleh drone yang dilengkapi dengan bahan peledak seberat 850 kilogram, yang mampu secara tepat menargetkan pilar penyangga jembatan tertentu.

Mengungkap Rekaman dan Mengambil Tanggung Jawab

SBU memberikan CNN rekaman video serangan bulan Juli, memperlihatkan layar pilot drone beberapa saat sebelum serangan. Selain itu, video CCTV memperlihatkan momen-momen dampak yang sebenarnya. Klaim tanggung jawab Maliuk secara eksplisit merupakan tindakan langsung yang tidak biasa untuk menyoroti ancaman yang ditimbulkan oleh drone baru ini.

Mengantisipasi Pergerakan di Masa Depan

Maliuk mengisyaratkan operasi yang akan datang, termasuk di perairan Laut Hitam, mengisyaratkan komitmen berkelanjutan untuk memanfaatkan kemampuan drone mereka. Kepala SBU juga mengaku bertanggung jawab atas serangan pertama Ukraina di jembatan tersebut pada bulan Oktober namun menahan diri untuk tidak mengungkapkan rincian spesifik seputar insiden tersebut.

Di Balik Layar: Persiapan dan Kemenangan

Maliuk menggambarkan persiapan yang cermat menjelang serangan itu, dan menekankan upaya bersama angkatan laut Ukraina. Momen kesuksesan yang penuh emosi menandai kemenangan tim, memperkuat keyakinan mereka akan kemenangan yang akan segera terjadi.

Kepentingan Internasional dan Target yang Sah

Maliuk mengungkapkan bahwa mitra barat Ukraina menyatakan minatnya terhadap operasi mereka dan ingin belajar dari pengalaman mereka. Meski penasaran, Maliuk mengklarifikasi bahwa tidak ada entitas asing yang berpartisipasi dalam operasi mereka atau menyediakan peralatan. Dia menyoroti legalitas entitas yang menjadi sasaran menurut hukum Ukraina dan internasional.

Memperluas Medan Perang

Serangan terhadap kapal Gornyak dan kapal tanker SIG menggarisbawahi meningkatnya ancaman terhadap operasi angkatan laut Rusia di wilayah timur Laut Hitam, yang sebelumnya dianggap berada di luar jangkauan militer Ukraina.

Sebagai kesimpulan, pengungkapan rekaman ini menawarkan wawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya mengenai penggunaan strategis drone eksperimental di Ukraina. Meskipun tindakan-tindakan ini tentu saja meningkatkan ketegangan geopolitik, tindakan-tindakan ini juga menyoroti perkembangan peperangan modern dan peran teknologi maju.

Ukraine Experimental Drone Attack on Russian Bridge
Scroll to top